Sabtu, 16 Juli 2011

Melatih Burung Branjangan

branjangan.jpg Burung Branjangan atau dalam bahasa latinnya adalah Mirafra Javanica adalah sebenarnya spesies burung asli dari pulau jawa. Namun penyebarannya sampai ke pulau-pulau lain yang berada di Kepulauan Indonesia. Seperti : Sumatera, Kalimantan namun populasinya tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan keberadannya dipulau Jawa.Ukuran tubuh burung ini tidak begitu besar dan tidak begitu kecil namun karena suaranya yang nyaring dan pandai meniru suara burung kicauan lainnya sehingga banyak digemari oleh para hobies burung.
Burung ini sangat menyukai cuaca panas karena memang mendiami tanah sawah yang selesai di panen atau rerumputan yang pendek. Dulu burung ini masih banyak terlihat namun sekarang sangat sulit untuk ditemukan.
Bila memiliki Branjangan yang masih usia muda hutan sebenarnya mudah untuk dilatih agar dapat cepat bunyi dan tidak ngelabrak-ngelabrak kandang. Berdasarkan pengalaman dari beberapa penghobies bahwa burung Branjangan ketika masih usia muda hutan di gantang agak pendek sehingga terbiasa untuk dilewati orang atau dekat dilewati oleh kendaraan. Berilah telor semut atau kroto basah setiap hari secukupnya diberikan pagi dan sore harus habis jika tidak habis dibuang. Kemudian berilah ulat hongkong 3 ekor pagi dan sore.
Bila Anda di rumah memiliki lebih banyak burung kicauan maka akan lebih baik lagi hasilnya terutama untuk pemasteran. Setelah + 3 bulan akan terlihat hasilnya burung branjangan peliharaan kita.
http://kicaumania.wordpress.com/2007/06/29/melatih-burung-branjangan-gampang2-susah/

2 komentar:

  1. saya punya branjangan belum bunyi mas

    BalasHapus
  2. Pakan racikan untuk burung branjangan
    Klik link dibawah ini untuk melihat bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat pakan ini.

    Pakan racikan untuk burung branjangan

    BalasHapus